Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Rabu, 08 Juli 2009

Tips Kesehatan

8 Cara Cegah Gigi Berlubang

Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Pomeo itu cukup sering kita dengar. Ya, sakit gigi memang nggak ketulungan sakitnya, dan cukup membikin kita menderita. Penyebab terbesar sakit gigi disebabkan oleh karies gigi yaitu infeksi yang merusak struktur (email) gigi, yang menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya, bahkan kematian.

Langkah pencegahan sebenarnya sangat sederhana yaitu menyikat gigi sekitar 20-30 menit sesudah makan agar pH dalam rongga mulut kita kembali normal. Namun tidak mungkin kita selalu membawa sikat gigi dan pasta ketempat umum, karena itu setelah makan dianjurkan secepatnya kumur-kumur dengan air lalu ditelan.

Sementara gigi yang berlubang jika nggak dirawat dapat menimbulkan gigi keropos dan sekecil apapun lubang gigi sebaiknya dirawat. Jadi, nggak ada salahnya kita perhatikan kita-kiat untuk mencegah gigi berlubang ini;

  1. Rajin sikat gigi. Lakukan tiap selesai makan atau minimal 2 kali sehari yakni pagi dan malam hari menjelang tidur. Jika kita tidak sikat gigi, sisa makanan selama 24 jam akan berubah menjadi asam. Asam ini menjadi media bagi kuman untuk berkembang.
  2. Pakai sikat gigi yang lurus sesuai usia kita dan berbulu lembut. Sikat gigi harus diganti jika bulu sikat udah rontok, rusak atau melebar sehingga tidak nyaman atau tidak efektif lagi digunakan sebagai sikat gigi.
  3. Sikat gigi dengan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang cocok dengan karakteristik gigi
  4. Sebelum sikat gigi, berkumur terlebih dahulu untuk melembabkan gusi.
  5. Sikat gigi yang benar.Dimulai dari gigi belakang bawah dengan gerakan dari arah leher gigi menuju arah tumbuh gigi dengan gerakan naik turun. Lanjutkan bagian luar antara pipi dalam dan bagian dalam antara lidah dan gigi, diteruskan pada bagian depan gigi bawah dengan gerakan naik turun juga dari leher gigi menuju bagian atas gigi. Teruskan bagian dalam dan luar gigi menuju bagian oclusol (bagian mengunyah) dengan gerakan maju mundur. Lakukan sama pada rahang atas dan bawah. Tiap gerakan di masing-masing sisi dilakukan minimal 8 kali gerakan. Setelah itu berkumur untuk membersihkan sisa-sisa kotoran.
  6. Sah saja memakai benang gigi (dental floss). Sebab, nggak semua bagian gigi bisa tersapu bersih dengan sikat gigi, karena itu pemakaian benang gigi juga perlu untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau oleh sikat gigi terutama daerah antara gigi (interdental) dan gigi yang berjejal. Gunakan benang gigi khusus bukan benang jahit.
  7. Bersihkan karang gigi dan lakukan pemeriksaan gigi rutin tiap 6 bulan sekali.
  8. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan lengket seperti cokelat, permen, gulali, dll.(berbagai sumber)

Mencegah dan Menghindari Alergi

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar atau bahkan mungkin pernah mengalami timbulnya bercak-bercak atau bentolan kulit yang gatal serta tersebar di atas permukaan tubuh, beberapa saat setelah mengkonsumsi suatu jenis makanan. Keluhan atau gambaran seperti itu merupakan salah satu dari sekian banyak manifestasi penyakit alergi yang sering dijumpai.

Alergi dapat terjadi pada semua usia baik pada mereka yang mempunyai bakat alergi maupun tidak/nonalergik. Alergi yang paling sering menyerang anak-anak yaitu tepung sari, debu rumah, bulu hewan, air liur dan makanan.

Beberapa cara di bawah ini, cukup ampuh membantu Anda terhindar dari alergi:

• Jaga selalu kesehatan tubuh dan lingkungan

• Pindahkan sarang debu seperti pernak-pernik, buku, hiasan dinding, dan sebagainya

• Bila alergi pada bulu binatang, jangan membiarkan binatang berbulu masuk ke dalam ruangan

• Hindari penggunaan kain yang terbuat dari wool atau bahan dari bulu

• Hindari tanaman atau aquarium yang menyebabkan spora jamur di udara

• Gunakan pembersih udara elektris untuk membersihkan debu, jamur atau polen dari udara

• Gantilah permadani atau gorden berat yang menangkap dan menyimpan debu dengan tirai yang dapat dicuci dan permadani dari katun

• Jika anda alergi terhadap jenis makanan tertentu, hindari makanan penyebab alergi tersebut.

Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah jendela jiwa. Mata juga merupakan jalan menuju dunia di sekitar kita. Fungsinya yang sangat penting, mengharuskan kita untuk merawat mata dengan baik. Namun sering kali banyak diantara kita yang tidak memperhatikan kesehatannya. Seiring dengan kegiatan dan bertambahnya umur, tentu saja mata membutuhkan perawatan agar terjaga kesehatannya.

· Periksa mata secara rutin. Penyakit seperti glukoma, katarak, dan bahkan diabetes bisa diketahui sejak dini, serta dapat diatasi segera

· Tidak terlalu lama menatap layar komputer. Sering-sering beristirahat selama menggunakan komputer, dapat mengurangi ketegangan mata

· Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandang yang terlalu dekat dapat mengganggu indra penglihatan

· Menggunakan kacamata yang tepat. Kacamata hitam untuk kegiatan luar ruangan, kacamata renang untuk kegiatan berenang, hingga kacamata untuk bersepeda.

· Makan makanan yang tepat. Makanan mengandung vitamin A dan beta carotene, seperti wortel, tomat, dan sayuran hijau baik untuk mata. Termasuk ikan, jeruk dan makanan lain yang mengandung omega-3s.

11 Jurus Atasi Sulit Tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Tidur yang cukup, akan memberikan dampak yang sangat bagus bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh kita. Namun, sayang ada di antara kita yang tidak bisa menikmati tidur yang berkualitas. Seseorang yang tidak bisa tidur dengan nyenyak atau kesulitan tidur dikategorikan mengalami insomnia.

Jika diartikan, insomnia adalah suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50 persen populasi mengalami insomnia.

Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi insomnia:

1. Berolahraga teratur.

Beberapa penelitian menyebutkan olahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.

Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan Anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur Anda.

3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman.

Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan Anda nyaman dengan suhu ruangan tidur Anda. Jauhkan jam meja dari pandangan Anda karena benda itu dapat membuat Anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat Anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan Anda terjaga yang tentu saja tidak Anda perlukan bila Anda ingin tidur.

5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur.

Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.

8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur.

Hal ini akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat Anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin.

Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh Anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah Aanda untuk tidur.

10. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur Anda selanjutnya.

11. Self Hipnosis

Pada dasarnya untuk dapat tidur dengan mudah adalah kondisi rilek antara pikiran dan tubuh kita, nah untuk self hipnosis bagi insomnia akan diuraikan dalam tulisan tersendiri.(blogdokter, berbagai sumber)

Mengatasi Cegukan

Bisa dipastikan semua orang pernah mengalami cegukan. Bila berlangsung sebentar saja, maka cegukan bukanlah masalah. Tetapi bila berlangsung lama, cegukan bisa menyebabkan insomnia, kelelahan, bahkan depresi. Berikut ini beberapa cara yang kerap dilakukan untuk menghilangkan cegukan :

  • Tahan nafas selama 15 detik. Setelah itu lepaskan secara perlahan
  • Jika cegukan belum juga mereda, minum 10 teguk air putih pelan-pelan. Lakukan sambil menahan nafas. Ini ditujukan untuk menetralisasi diafragma di kerongkongan
  • Kadar karbon dioksida yang tinggi dalam darah dapat melumpuhkan cegukan. Caranya adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya. Jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak karbondioksidanya
  • Menelan satu sendok teh gula pasir kering dapat menghentikan cegukan dalam beberapa menit. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.

Tidak ada komentar:

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran