Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Jumat, 24 Juli 2009

Gerhana Matahari 22 Juli 2009


DSC_0946-1

Gerhana Matahari 26 January 2009 dilihat di Kuala Lumpur

ats_0412009[1]

Gerhana matahari 22 Juli 2009

Tanggal 22 Juli 2009 nanti bumi akan sekali lagi mengalami gerhana matahari total (GMT), namun memang tidak sepenuhnya teramati di Indonesia. Gerhana kali ini tidak melintasi Indonesia, tetapi ini perlu dipakai sebagai pengingat bahwa nanti pada tanggal 9 Maret 2016 akan ada gerhana yang benar-benar melewati Indonesia. Indonesia perlu siap-siap menerima para wisatawan gerhana, ”eclipse hunter”.

Pingin lihat ?
Bagi kawan-kawan di Sumatra bagian utara serta Kalimantan utara dan Sulwesi utara serta Papua, jangan lupa petunjuk melihat gerhana seperti yang pernah ditulis seelumnya disini

Bagaimana gerhana matahari itu terjadi ?

Eclipses_solares.en[2]Gerhana matahari itu terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan.

Disebelah kanan ini grafis yang memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari. Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutup sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah (A), dan gerhana sebagian di pinggir (A). Sedangkan pada saat bulan agak lebih jauh, maka bulan akan berada ditengah cahaya matahari yang menyebabkan gerhana matahari cincin di bagian tengah (B), dan terlihat gerhana sebagian di pinggirannya (C).

Pada tanggal 22 Juli 2009 akan terlihat seperti gambar kiri, tetapi di Indonesia hanya teramati pinggirannya saja seperti gambar C.

Peristiwa gerhana memang saat ini mudah sekali diramalkan karena pengetahuan astronomi sudah sangat berkembang serta alat-alat pengukuran dan pengamatannyapun sudah semakin canggih. Ma’rufin pernah menuliskan tanggal-tanggal bulan purnama serta bulan mati disini :

Solareclipse22July09

Peta Lintasan Gerhana Matahari Total 22 Juli 2009

Peta lintasan Gerhana Matahari Total pada tanggal 22 Juli nanti seerti disebelah ini. Gerhana Total hanya teramati pada jalur berwarna biru, sedangkan sabuk disepanjang lintasan ini tidak terlihat gerhana penuh, tetapi hanya sebagian seperti dalam foto diatas.

Ma’rufin memberikan gambaran seperti apa yang akan teramati pada tanggal 22 Juli nanti di Indonesia. Hanya Indonesia bagian utara saja yang mungkin bisa mengamati gerhana matahari sebagian ini. Sedangkan di jawa masih terang benderang.

Gerhana_22_July_09

Kenampakan gerhana matahari yang akan terlihat di Indonesia

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 melewati Indonesia

Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 .

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur diatas itu.

Nah sekali lagi, momen penting tahun 2016 ini perlu diantisipasi pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini. Jadi semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya loka

Tidak ada komentar:

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran