Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Rabu, 24 Juni 2009

ENIS BANJIR DAN SEBAB-SEBAB TIMBULNYA BANJIR

JENIS BANJIR DAN SEBAB-SEBAB TIMBULNYA BANJIR

PROLOOG

Sepanjang sejarah, manusia selalu tertarik untuk mendiami tanah-tanah subur di daerah luapan banjir atau dibantaran sungai, dimana kehidupan akan lebih nyaman berkat kedekatan dengan sumber pangan serta air. Ironisnya sungai atau aliran air yang menydiakan kemudahan hidup bagi masyarakat manusia disekitarnya itu juga menjadikan masyarakat tadi menghadapi risiko bencana tahunan akibat banjir. Banjir dapat terjadi akiabt naiknya permukaan air lantaran curah hujan yang distas normal, bendungan yang bobol, pencairan salju yang cepat, terhambatnya aliran air di tempat lain atau waduk yang jebol. Dalam masalah jumlah korbannya, banjir menduduki peringkat kedua, hanya dikalahkan oleh bencana kekeringan.

JENIS BANJIR DAN SEBAB-SEBAB TIMBULNYA BANJIR

Banjir kila t. Banjir ini biasanya didefinisikan sebagai banjir yang terjadi hanya dalam waktu 6 jam sesudah hujan lebat mulai turun. Biasanya juga dihubungkan dengan banyaknya awan kumulus yang menggum pal di angkasa, kilat atau petir yang keras, badai tropis atau cuaca dingin. Karena banjir ini sangat cepat datangnya, peringatan bahaya kepada penduduk sekitar tempat itu harus kilat pula, dan segera dimulai upaya penyelamatan dan persiapan penanggulangan dampak-dampaknya. Umumnya banjir kilat akibat meluapnya air hujan yang sangat deras, khususnya bila tanah bantaran sungai rapuh dan tak mampu menahan cukup banyak air. Penyebab lain adalah 1. kegagalan bendungan menahan volume air (debit) yang meningkat, 2) es yang tiba-tiba meleleh atau 3. berbagai perubahan besar lainnya di hulu sungai. Kerawanan terhadap banjir kilat akan meningkat bila wilayah itu merupakan lereng curam, sungai dangkal dan pertambahan volume air jauh lebih besar daripada yang tertampung, air mengalir melalui lembah-lembah sempit dan bila hujan guntur terjadi.

Banjir luapan sungai. Jenis banjir ini berbeda dari banjir kilat karena banjir ini terjadi setelah proses yang cukup lama, meskipun proses itu bisa jadi lolos dari pengamatan sehingga datangnya banjir terasa mendadak dan mengejutkan. Selain itu banjir luapan sungai kebanyakan bersifat musiman atau tahunan dan bisa berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu tanpa berhenti. Penyebabnya adalah kelongsoran daerah-daerah yang biasanya mampu menahan kelebihan iar, pencairan salju yang menumpuk semasa musim dingin, atau terkadang akibat kedua hal itu sekaligus. Banjir terjadi sepanjang sistem sungai dan anak-nak sungainya, mampu membanjiri wilayah luas dan mendorong peluapan air lembah-lembah sungai yang mandiri (yang bukan merupakan anak sungainya) banjir yang meluap dari sungai-sungai selain induk sungai biasa disebut ‘banjir kiriman’. Besarnya banjir tergantung kepada beberapa faktor. Di antaranya kondisi-kondisi tanah (kelembapan dalam tanah, tumbuh-tumbuhan di atas tanah, kedalaman salju, keadaan permukaan tanah seperti tanah ‘telanjang’, yang ditutupi batu bata, blok-blok semen, beton, dsb). Serta ukuran lembah penampungan air sungai itu. Di wilayah yang semi-tandus, misalnya yang membentang sepanjang benua Australia barangkali banyak sungai kering. Banjir terjadi dari sungai-sungai kering itu berminggu-minggu setelah terjadi angin topan dari lautan atau setelah terjadi hujan badai. Sungai bermuara ke laut, karenanya topan laut mampu mengarahkan air ke sungai kering itu hingga terjadi arus air sampai ratusan kilometer sampai ke arah darat. Semua itu berlangsung dalam waktu lama dan sama sekali tidak ada tanda-tanda gangguan cuaca pada waktu banjir melanda dataran – sebab peristiwa alam yang memicunya telah terjadi berminggu-minggu sebelumnya. Data sejarah banjir luapan sungai yang melanda kota-kota di lembah utama membuktikan bahwa tindakan-tindakan perlindungan tidak bisa diandalkan, akibat beraneka-ragamnya sumber banjir, yang bukan hanya dari induk sungai melainkan juga dari anak-anak sungai.

Banjir pantai. Sebagai banjir dikaitkan dengan terjadinya badai tropis (juga disebut angin puyuh laut atau taifun). Banjir yang membawa bencana dari luapan air hujan sering makin parah akibat badai yang dipicu oleh angin kencang sepanjang pantai. Air garam membanjiri daratan akibat satu atau perpaduan dampak gelombang pasang, badai, atau tsunami (gelombang pasang). Sama seperti banjir luapan sungai, hujan lebat yang jatuh di kawasan geografis luas akan menghasilkan banjir besar di lembah-lembah pesisir yang mendekati muara sungai.

ANDIL MANUSIA DALAM MEMICU BANJIR

Banjir sering dianggap termasuk bencana alam, artinya terjadi secara alamiah. Banjir dianggap sebagai bencana bila manusia mendiami daerah-daerah rawan banjir,yakni dekat sungai atau pantai. Pertumbuhan penduduk yang kian pesat telah menyebabkan daerah-daerah rawan bencana cukup padat penduduk dan risiko banjir terpaksa diterima lantaran sulit menemukan wilayah lain yang aman untuk hidup, mengingat daerah-daerah aman sudah penuh sesak. Negara-negara maju terpaksa menghadapi masalah yang dipicu oleh kepadatan penduduk ini. America Serikat ini misalnya, terpaksa merogoh kocek negara sampai miliyaran dolar sejak tahun 1936 untuk membiayai program perlindungan pendudukan dari bencana banjir yang kemungkinan tak terelakkan namun semua dampaknya harus ditanggulangi. Toh tetap saja risiko banjir tahunan menghadang penduduk daerah rawan. Bahkan ancaman banjir kian membesar karena penduduk membangun daerah-daerah rawan banjir kian membesar karena penduduk membangun daerah-daerah rawan banjir secara lebih cepat ketimbang kecepatan para insinyur dalam merancang perlindungan yang lebih baik bagi mereka. Pertumbuhan penduduk yang pesat berpadu dengan pengelolaan sumberdaya yang kurang efektif telah menyebabkan timbunya jenis-jenis banjir baru. Daerah hulu sungai yang berhutan untuk ‘menangkap’ lebihan air sudah diubah menjadi padang rumput pakan ternak atau menajdi lahan pertanian, sehingga lembah penampung itu menjadi jauh berkurang dayanya untuk menahan air yang datang. Tanah yang kini tak lagi terikat oleh akar-akar pepohonan jadi mudah longsor, menambah risiko bencana ganda dan tebing-tebing sungai yang dahulu dipenuhi tumbuhan sebagai ‘benteng’ pengaman daerah sekitarnya telah gundul, lalu runtuh, menyebabkan air sungai lebih mudah mengalir ke arah yang tingginya sama atau lebih rendah dari sungai. Banjirpun menjadi makin sering, makin mendadak dan makin parah dampaknya. Corak banjir baru lainnya adalah banjir kilat perkotaan. Tanah dikota sebagaian serta bangunan yang tak terhitung lagi. Karena bisa dikatakan hampir tak ada tanah ‘telanjang’ yang berfungsi alamiah sebagai penyerap air, hujan lebat langsung mengalir diatas permukaan baik di halaman-halaman gedung yang sudah disemen, di tepi-tepi jalan aspal dan sebagainya. Namun pemeliharaan saluran-saluran ini serngkali terbengkalai. Musim kemarau mengirimkan debu,kotoran, sampah dan tumbuhan liar yang akhirnya memblokir lubang pipa di permukaan. Air di jalan dari jalan raya hingga jalan perumahan yang terbuat dari beton dan aspal, tidak bisa ke mana-mana lagi kecuali mengalir terus membentuk jalur sendiri dipermukaan jalanan, membanjiri daerah itu. Banjir adalah peristiwa alamiah. Ia menjadi ‘bencana’ tatkala manusia mulai mendiami daerah-daerah luapan banjir yang semula mampu menahan air sehingga tak mengalir ke dataran-dataran lain.

CIRI CIRI UMUM BANJIR

Analisa terhadap banjir dan pengukuran banjir dapat dilakukan dengan : kedalaman air, pondasi bangunan memiliki derajat toleransi terhadap penggenangan air yang berlainan dengan derajat toleransi akar tumbuh-tumbuhan, lamanya penggenangan air, kerusakan atau derajat kerusakan bangunan, infrastruktur dan tumbuh-tumbuhan sering berkaitan dengan jangka waktu berlangsung-nya penggenangan air.

Arus air yang sangat kencang akan berbahaya, mengakibatkan daya pengikisnya sangat besar (menerjang apa saja yang menghadang) serta peningkatan tekanan dinamika air sehingga pondasi bangunan dan infrastruktur melemah. Ini bisa terjadi dilembah bantaran sungai, pantai yang rendah dan daerah jalur indik sungai. Perkiraan tentang tingkat kenaikan permukaan air sungai penting sebagai dasar peringatan bahaya banjir, rencana pengungsian dan pengaturan tata ruang daerah. Dampak-dampak komulatif dan kekerapan terjadi banjir yang diukur dalam jangka waktu cukup panjang akan menentukan corak pembangunan apa dan kegiatan pertanian apa yang boleh berlangsung di bantaran sungai atau daerah-daerah rawan banjir lainnya.

Peramalan banjir yang berasal dari luapan air sungai melibatkan perkiraan-perkiraan tentang: tinggi permukaan air sungai, debit air sungai, waktu kejadian, lamanya kejadian, debit air tertinggi di titik-titik tertentu sepanjang jalur sungai (induk maupun anak sungai). Ramalan yang dikeluarkan untuk disebarluaskan kepada masyarakat dihasilkan dari pemantauan rutin ketinggian permukaan air sungai serta pemantauan curah hujan setempat. Peringatan akan terjadi banjir kilat hanya bisa bergantung pada ramalan-ramalan cuaca (meteorologis) serta pengetahuan tentang kondisi-kondisi geografis setempat, tidak bisa disusun ramalan tersendiri berdasarkan data-data lapangan. Mengingat singkatnya waktu antara tahap pendahuluan dengan tahap kejadian, banjir kilat tak memungkinkan pemantuan tingkat ketinggian air sungai di lapangan.

Dalam bencana apapun, data sejarah suatu kawasan rawan atau sumber bencana harus selalu ada, dipelajari dan diperbaharui terus menerus tiap kali ada kejadian baru. Untuk kajian perbandingan dengan peristiwa-peristiwa banjir terdahulu dan sebagi dasar informasi peringatan yang akan disampaikan kepada masyarakat yang beresiko terlanda banjir harus diingat unsur-unsur sebagai berikut : 1. Analisis kekerapan banjir. 2. Pemetaan tinggi rendah permukaan tanah (topografi). 3. Pemetaan bentangan daerah seputar sungai (kontur sekitar sungai) lengkap dengan perkiraan kemampuan sungai itu untuk menampung lebihan air. 4.Catatan pemantauan lelehan salju / es dan kelongsoran tebing / daerah hulu. Kemampuan tanah untuk menyerap air. 5.Catatan pasang surut gelombang laut (untuk kawasan pantai / pesisir). Kekerapan badai. 6. Geografi pesisir / pantai. 7. Ciri-ciri banjir. Cara efektif untuk memantau jalur banjir adalah lewat teknik-teknik penginderaan jauh, misalnya Landsat. Citra-citra satelit ditafsirkan, kemudian dipakai sebagai patokan pemetaan daerah-daerah rawan banjir dan daerah-daerah jalur banjir. Upaya-upaya lain untuk memperbaiki peramalan banjir telah dilaksanakan oleh berbagai badan yang menginduk ke PBB, antara lain Organisasi Meteorologis Dunia, dengan memakai Pemantauan Cuaca Dunia serta Sistem pengolahan Data Global. Sistem-sistem ini bersifat strategis manakala kondisi-kondisi banjir bersifat lintas batas nasional atau melewati wilayah kedaulatan lebih dari satu negara. Namun sebagian besar ramalan banjir luapan sungai dan banjir kilat hanya bersandar pada pengamatan-pengamatan Badan Meteorologis dan Geofisika Nasional.

KERAWANAN TERHADAP BANJIR.

Di daerah dekat sungai, utamanya bantaran serta lembah-lembah yang paling berisiko terhadap terjangan banjir adalah : 1. Bangunan dari bahan tanah atau bata bisa pecah / meleleh bila kena air, 2. Bangunan dengan pondasi dangkal, 3. Bangunan dengan pondasi yang tidak kedap air, 4. Sistem – sistem pembuangan air (selokan pipa) saluran pasokan air, saluran listrik, mesin-mesin dan semua barang elektronik (terutama industri dan telekomukasi ), 5. Lumbung pangan, tanaman di lahan, ternak dalam kandang, 6. Benda-benda bersejarah / artefak budaya yang tak tergantikan seandainya hancur atau rusak berat, 7. Industri kelautan, termasuk galangan kapal, kapal-kapal itu sendiri, pelabuhan, gudang pelabuhan, dan sebagainnya. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi kerawanan adalah 1. Kurang / tak tersedianya tempat-tempat penampungan pengungsi lengkap dengan fasilitas yang dibutuhkan, di ketinggian yang melebihi ketinggian luapan air, 2. Kurang / tidak adanya informasi yang diterima masyarakat tentang jalur-jalur pengungsian, 3. Kurang / tidak efektifnya kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana.

Banjir besar kemungkinan akan menyebabkan banyak korban tewas akibat tenggelam, khususnya anak-anak dan orang-orang berusia lanjut/ cacat/lemah. Namun sebagaian besar ‘hanya’ mengakibatkan cedera parah yang tidak sampai fatal, sehingga pertolongan medis harus selalu tersedia dan korban yang parah harus segera dilarikan ke rumah sakit, lebih-lebih jika membutuhkan operasi.

DAMPAK-DAMPAK

Bangunan-bangunan akan rusak atau hancur akibat : daya terjang air banjir, terseret arus, daya kikis genangan air, longsornya tanah di seputar / di bawah pondasi, tertabrak terkikis oleh benturan dengan benda-benda berat yang terseret arus. Kerugian fisik cenderung lebih besar bila letak bangunan di lembah-lembah pegunungan dibanding di dataran rendah terbuka. Banjir kilat akan menghantam apa saja yang dilaluinya. Di wilayah pesisir, kerusakan besar terjadi akibat badai yang mengangkat gelombang-gelombang air laut – kerusakan akan terjadi tatkala gelombang datang dan pada saat gelombang itu pergi atau kembali ke laut. Lumpur, minyak dan bahan-bahan lain yang dapat mencemarkan tanah, udara dan air bersih akan terbawa oleh banjir dan diendapkan di lahan yang sudah rusak atau di dalam bangunan. Tanah longsor kemungkinan terjadi bila tanah itu tak kuat diterjang air dan terkikis / runtuh. Air yang menerjang atau mengalir deras bisa merobohkan dan menenggelamkan manusia serta binatang meski bila air itu relatif tidak dalam.

Banjir besar pemberi bantuan mengangkut bantuan air dengan truk-truk tangki, masalah ini bisa diredam sampai keadaan normal kembali. Banyak yang lebih besar timbul jika sumber-sumber air itu tercemar oleh jasad manusia dan mayat binatang yang tewas saat banjir datang dan belum sempat disingkirkan dari sana akibat belum cukup amannya daerah banjir itu. Arus air mungkin juga akan menyebabkan saluran tersumbat oleh mayat-mayat. Bila ini terjadi, sumber air akan menjadi areal pembiakan penyakit atau menjadi bersifat patogenis dan barang siapa mengkonsumsi air itu akan jatuh sakit. Seluruh lahan bisa puso atau panen sepenuhnya gagal, sementara ternak banyak yang mati sehingga pasokan pangan pasca-banjir akan terganggu. Saat banjir datang, lumbung bisa ambruk, terbenam, tergenang atau hanyut terbawa air, semua isinya membusuk. Biji-bijian seperti gabah/padi/beras, gandum, jagung, dan lain-lain cepat busuk meski baru tergenang air sebentar saja. Maka terjadi krisis pangan. Dalam kasus-kasus banjir selama ini, kebanyakan kerugian pangan terjadi akibat stok pangan rusak, termasuk yang masih di lahan. Kerusakan tanaman pangan di sawah atau ladang tergantung pada jenis tanamannya dan berapa lama penggenangan airnya. Ada tanaman yang cepat mati hanya setelah digenangi air sebentar, ada yang mampu menahan terjangan air tapi akhirnya mati jika air itu tak terserap oleh tanah dan terus menggenang. Kasus semacam ini terjadi di Bangladesh saat banjir tahun 1988. Selain mengungsikan isi lumbung, ternak harus juga segera dibawa ke tempat yang aman. Kalau tidak, mereka bisa tenggelam, terseret arus atau tersangkut di tempat lain tempat. Sapi, kerbau, kambing dan lain-lain merupakan sumber pangan, karenanya perlu dijaga keselamatannya saat banjir. Hilang atau rusaknya benih dan ternak akan menggagalkan pemulihan kegiatan pertanian / peternakan sesudah banjir surut jika ada bantuan dari luar. Untuk tanah pertanian, banjir memberi manfaat sekaligus masalah. Bila terjadi pengikisan lapisan bunga tanah (humus), atau lahan dilanda air garam, selama bertahun-tahun petani tidak bisa lagi mengolah tanah itu untuk budidaya pertanian. Namun pengendapan lumpur banjir juga bisa sangat meningkat kesuburan tanah. Di pesisir di antara para nelayan, kerugian besar mungkin terjadi akibat peralatan dan piranti hilang atau rusak. Maka pasokkan pangan dari laut terhenti atau merosot.

Di sisi lain, banjir bisa menguntungkan karena: 1. Banjir bisa menggelontor bahan-bahan pencemar air yang mengendap menyumbat saluran air. 2. Banjir bisa menjaga kelembaban tanah dan mengembalikan kelembaban tanah tandus / kering. 3. Banjir bisa menambah cadangan air tanah. 4. Banjir bisa menjaga lingkungan hayati (ekosistem) sungai dengan cara menyediakan tempat bersarang, berbiak dan makan bagi ikan, burung dan binatang-binatang liar.

LANGKAH-LANGKAH PEMINIMALAN DAMPAK NEGATIF.

Pemetaan unsur-unsur rawan atau rentan. Dengan memetakan daerah rawan serta menggabungkan data itu dengan rancangan kegiatan persiapan dan penanggulangan. Suatu strategi dapat di daerah-daerah luapan air dengan langkah-langkah pengendalian banjir. Para perencana dapat meminta masukan dari berbagai bidang keilmuan untuk menilai risiko-risiko, tingkat risiko yang masih diterima/dianggap cukup wajar (ambang risiko) dan kelayakan kegiatan-kegiatan lapangan yang direncanakan. Informasi dan bantuan dapat diperoleh dari berbagai sumber, dari badan-badan internasional hingga ke tiangakt masyarakat.

Pemetaan daerah-daerah luapan air/jalur banjir. Dalam memaparkan banjir, biasanya dipakai frekuensi statistik, menggunakan parameter kejadian dalam 100 tahun. Paparan ini menjadi pedoman pemrograman penanggulangan banjir. Parameter kejadian banjir 100 tahun itu memaparkan areal yang memiliki kemungkinan 1 % terlanda banjir dengan ukuran tertentu pada tahun tertentu. Frekuensi-frekuensi lain mungkin bisa juga dipakai, misalnya 5, 20,50 atau 500 tahun, tergantung kepada ambang risiko yang ditetapkan untuk suatu evaluasi.

Peta dasar dipadukan dengan peta-peta lain dan data-data lain, membentuk gambaran lengkap/utuh tentang jalur banjir. Masukan-masukan lain yang menjadi bahan pertimbangan diantaranya : Analisis kekerapan banjir. Peta-peta pengendapan. Laporan kejadian dan kerusakan. Peta-peta kemiringan / lereng. Peta-peta vegetasi (lokasi tumbuh tanaman, jenis dan kepadatannya). Peta-peta lokasi pemukiman, industri dan kepadatan penduduk. Peta-peta infrastruktur.

Di sebagian negara berkembang, pengumpulan informasi jangka panjang sering sulit dilaksanakan. Untuk menanggulangi masalah ini bisa digunakan teknik-teknik penginderaan jauh, yang menjadi pilihan lain bila tak dipakai teknik-teknik pemetaan tradisional dan biaya operasinya akan kira-kira sama efektif sebab menghemat tenaga dan waktu (metode-metode pengumpulan data tradisional sangat padat karya dan memakan waktu lama), misalnya dalam kajian daur air (penelitian hidrologis) daerah yang luas.

Pemetaan silang bencana-bencana. Banjir sering menyebabkan, terjadi bersamaan dengan atau menjadi akibat dari, bencana-bencana lain. Agar daerah-daerah yang rawan terhadap lebih dari satu jenis bencana bisa diketahui, dilakukan penyusunan peta silang, sintetis atau terpadu. Peta ini merupakan alat yang sangat bagus untuk panduan perancangan program pertolongan dan penanggulangan. Namun peta ini masih memiliki kekurangan,yakni tidak memadai jika digunakan sebagai pedoman kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bencana yang hanya mencakup satu daerah tertentu saja atau bencana tertentu saja.

Pengaturan tata guna tanah. Tujuan pengaturan tata guna tanah melalui undang-undang agraria dan peraturan-peraturan lainnya adalah untuk menekan risiko terhadap nyawa, harta benda dan pembangunan di kawasan-kawasan rawan bencana. Dalam kasus banjir, suatu daerah dianggap rawan bila daerah itu biasanya dan diperkiraakan akan terlanda luapan air dengan dampak-dampak negatifnya; penilaian ini didasarkan sejarah banjir dan kondisi daerah. Bantaran sungai dan pantai seharusnya tak boleh dijadikan lokasi pembangunan fisik dan jangan ditinggali. Selain itu, Badan Pertahanan Nasional beserta departemen-departemen terkait harus memperhatikan pula perlu kawasan perkotaan. Dengan pengaturan tata guna tanah yang dilandasi data-data ilmiah dan dengan mengacu kepada potensi bencana, setidaknya bencana alam seperti banjir tak akan diperparah oleh pengizinan pemakaian tanah yang tak mengindahkan kelayakan.

Pengurangan kepadatan penduduk dan bangunan. Di daerah-daerah rawan banjir, jumlah korban tewas maupun cedera akan langsung terkait dengan kepadatan penduduk. Bila daerah itu masih dalam tahap perencanaan pembangunan atau perluasan kawasan, rencana itu harus mencakup pula kepadatan. Bila daerah itu sudah terlanjur mapan,khususnya jika digunakan sebagai lokasi pemukiman liar oleh pendatang yang tergolong miskin, pengaturan kepadatan bisa menjadi isu yang rawan dan peka , penduduk harus dimukimkan kembali di tempat lain yang lebih aman dengan mempertimbangkan dampak-dampak sosial dan ekonomis perpindahan itu. Sayangnya, banyak lokasi pemukiman padat penduduk terletak di jalur banjir. Bagaimanapun para perencana pengembangan daerah dan penataan ruang harus mengambil langkah-langkah bijak untuk memperbaiki pemukiman itu dan menekan kerentananya.

Larangan penggunaan tanah untuk fungsi-fungsi tertentu. Jika suatu daerah menjadi ajang banjir sedikitnya rata-rata 1 kali tiap 10 tahun, tidak boleh ada pembangunan skala besar di daerah itu. Pabrik, perumahan dan sebagainya tidak diizinkan di bangun di sana demi kepentingan ekonomis, sosial dan keselamatan para penghuninya sendiri. Daerah itu bukan berarti sama sekali tak bisa dimanfaatkan; pemanfaatannya antara lain untuk kegiatan-kegiatan dengan potensi risiko lebih kecil misalnya arena olah raga atau taman. Prasarana yang bila sampai rusak akan membawa akibat buruk yang besar,misalnya rumah sakit,hanya boleh didirikan di tanah yang aman. Pengaturan tata guna tanah akan menjamin bahwa daerah-daerah rawan banjir tidak akan menderita dua kali lipat akibat kebanjiran sekaligus pemakaian tanah yang memperparah dampak-dampak bencana itu dengan kerugian fisik, sosial, ekonomis dan korban jiwa yang lebih besar lagi.

Pemindahan lokasi unsur-unsur yang menghalangi arus banjir. Bangunan-bnangunan yang menghadang di tengah jalur banjir selalu neresiko terhantam dan tenggelam atau hanyut akibat arus banjir. Selain itu, ada bahaya pemerangkapan dan pemblokiran jalannya banjir yang lants berbelok menggenangi daerah-saerah yang semestinya bebas banjir. Pengaturan tentang bahan-bahan bangunan yang boleh digunakan. Di zona-zona tertentu yang paling rawan, bangunan dari bahan kayu atau bahan-bahan lain yang ringan harus dilarang didirikan.Ada kalanya boleh dibangun rumah atau gedung dari tanah liat atau cetak, tetapi izin hanya diberikan bila telah diambil langkah-langkah perlindungan. Penepatan jalur pengungsian yang aman. Tiap lingkungan pemukiman yang rawan banjir harus punya rute penyelamatan yang aman, serta penampungan sementara dilokasi yang letaknya lebih tinggi dari permukaan air banjir. Strategi-strategi pencegahan lainnya adalah : Badan-badan pemerintah mengambil alih lahan-lahan di jalur banjir. Penghuninya diberi lahan lain yang lebih aman. Diberikan perangsang berupa pnjaman lunak, subsidi atau penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan bagi rakyat dan penanam modal yang bersedia mengalihkan rencana pembangunan lokasi rawan banjir ke tempat lain yang lebih tahan banjir. Dilaksanakan penganekaragaman produksi pertanian, misalnya menanam pangan yang ‘kedap – banjir’ atau menambahkan pepohonan di lahan atau menyesuaikan musim tanam dengan musim banjir. Juga dilaksanakan upaya membangun lumbung pangan cadangan dan penyimpanan yang aman untuk produk – produk pertanian. Penghijauan, pengelolaan ruang bududaya dan pengaturan areal merumput ternak untuk mencegah pengguguran dan penggundulan, agar tanah lebih mampu menyerap serta menahan air. Pembangunan gedung-gedung atau bukit-bukit buatan yang cukup tinggi yang akan dipakai sebagai tempat penampungan sementara para pengungsi seandainya penyelamatan ke lokasi lain tak mungkin dilaksanankan. Bagi negara-negara berkembang yang banyak menmanfaatkan tanah seputar jalur banjir, harus dilakukan kerjasama dengan rakyat setempat sekaligus penggunaan pengaruh politis yang cukup besar agar daerah – daerah rawan itu dikosongkan tanpa terjadi pergolakan PENGENDALIAN BANJIR

Sebagaimana telah disebutkan di muka, pengendalian pemakaian lahan akan dilakukan di daerah – daerah jalur banjir yang baur dalam tahap pengembangan maupun yang sudah terlanjur dibangun. Namun masih tetap harus dilaksanakan perubahan-perubahan untuk menekan kerentanan masyarakat terghadap dampak-dampak negatif bencana banjir. Di negara-negara berkembang, barangkali pengaruh politis yang cukup besar harus dikerahkan, sekaligus kerjasama dengan masyarakat yang bersangkutan. Pilihan –pilihan pengendalian banjir adalah :

Perbaikan saluran yang sudah ada. Dasar sungai yang sudah dangkal akibat pengendapan harus dikeruk, diperdalam sementara batas tebing sungai di kanan – kirinya harus pula diperlebar. Metode-metode ini meningkatkan kemampuan penampungan lebihan air dan menurunkan peluang ke sekitar sungai. Pengalihan arus dan pembangunan saluran pembantu. Bila dibandignkan dengan biaya memungkinkan kembali penduduk dan industri ke daerah yang lebih aman, mungkin biaya membangun saluran pembantu (membantu memecah aliran sungai) atau mengalihkan arus lebih murah. Ada bebarapa pilihan, diantaranya selokan-selokan besar dan dalam dengan kisi – kisi rerumputan atau padang terbuka atau saluran dengan dinding batu atau beton. Perancangan dan pembangunannya harus hati-hati karena kemungkinan ada dampak – dampak buruk pada lingkungan alamiah dan harus dipertimbangkan keamananya.

Pembangunan bendungan dan tanggul. Bendungan dan tanggul mampu menyimpan cadangan air sekaligus melepasnya dengan tingkat yang masih bisa dikelola. Pembanguannya harus hati-hati, memakai patokan tingkat tertinggi permukaan air sewaktu banjir. Bila banjir ternyata lebih tinggi dan lebih kuat ketimbang bendungan, bahayanya justru lebih besar ketimbang kalau tak ada bendungan. Jadi bila bangunan semacam itu tak dirancang cermat, keamanannya takkan terjamin dan penduduk hanya akan memperoleh rasa aman yang menyesatkan karena dampak banjir justru akan makin parah sewaktu bendungan jebol.

Penguatan bangunan yang sudah ada. Para pemilik bangunan bisa mengusahakan menekan risiko kerusakan dengan cara memperkuat bangunannya untuk : Menahan hantaman atau terjangan air. Bangunan baru harus diberi pondasi yang tak mudah keropos atau longsor. Perlindungan dari pengikisan tanah. Ini merupakan unsur penting perlindungan menghadapi bencana banjir. Dasar sungai sebaiknya distabilkan dengan membangun ‘alas batu’ atau beton yang kuat, atau menanami bantaran dengan pepohonan, khususnya bila dekat jembatan. Perbaikan lokas. Lokasi rawan banjir atau sekitar sungai bisa diperbaiki dengan cara meninggikannya. Ini akan efektif untuk lokasi bangunan.

LANGKAH – LANGKAH PERSIAPAN KHUSUS

Sistem – sistem peramalan dan peringatan bahaya banjir. Penelitian kasus di berbagai negara menunjukkan bahwa peramalan dan peringatan bahaya banjir bisa menurunkan potensi kerugian antara 6 hingga 40% (WMO). Sisitem – sistem pelacakan banjir yang menjadi dasar peramalan, peringatan dan persiapan penanggulangan nerentang dari yang paling sederhana dan tak memakan banyak biaya, yakni pembentukan jaringan relawan yang mengamati curah hujan dan tingkat arus, sehingga kepenerapan jaringan canggih dengan alat-alat pemantua mutahir dan model-model komputer. Suatu sistem yang dinamakan ALERT (Automated Local Evaluation in Real Time, Evaluasi Otomatis Setempat dalam Hitungan Waktu Nyata), telah memperagakan kemampuan yang menekan biaya operasi serta efektif melindungi kehidupan maupun benda-benda, dengan peran serta badan-badan di tingkat daerah.

Stasiun – stasiun lapangan yang di rancang sebagai modul-modul lengkap dikelola oleh daerah rawan itu sendiri. Apapun metode yang dipakai untuk memberi peringatan kepada penduduk, sistem-sistem komuikasi harus sudah direncanakan dengan baik sejak dini. Tata cara pengungsian harus siap dan dilakukan latihan secara teratur. Cara – cara penyebaran peringatan antara lain melalui radio, televisi, sirine peringatan, kentongan, corong pengeras suara di balai desa atau di rumah, ke rumah dengan sepeda motor atau berjalan kaki. Bila dipakai sistem-sistem peringatan nasional, kerapkali sistem – sistem ini gagal, sebab sulit disebarkan peringatan yang diberikan dalam cara yang jelas dan tegas dan dipercaya oleh penduduk, lebih – lebih di daerah – daerah terpencil dan seringkali peringatan datang terlambat. Sistem – sistem peringatan nasional lebih efektif bila dilaksanakan di perkotaan. Di daerah pedesaan kentongan dan peringatan lisan adat atau tokoh masyarakat yang dihormati. Mereka harus dilibatkan dalam persiapan peringatan agar petunjuk-petunjuk penyelamatan dan pelaksanaannya di lapangan bisa benar – benar lancar.

Keikutsertaan masyarakat. Para penghuni kawasan rawan banjir biasanya sudah punya beberapa metode tradisional untuk menghadapi risiko banjir. Di Bangladesh misalnya, yang sangat rawan banjir, dana pemerintah sering tak cukup untuk membiayai upaya penuh penanggulangan paling sederhana sekalipun. Namun tak semua urusan penanggulangan dan persiapan harus dibebankan ke pundak pemerintah dan aparatnya. Sebagian aspek perencanaan dan penanggulangan banjir mungkin malah lebih baik jika dilakukan di tingkat desa dan bisa dikembangkan tanpa banyak memerlukan campur tangan dari luar. Antara lain : 1. Peringatan bahaya banjir disebarkan di tingkat desa / kalurahan. 2. Kerja bakti untuk memperbaiki dasar dan tebing sungai, membersihkan kotoran yang menyumbat saluran air, membangun tanggul dengan karung-karung pasir atau bebatuan, menanami bantaran sungai dan sebagainya. 3. Rencana pemulihan pertanian pasca-banjir, antar lain dengan menyimpan benih dan persediaan lain di tempat yang paling aman dan ini dijadikan tradisi. 4. Perencanaan pasokan air bersih dan pangan dengan cara serupa seandainya bencana memaksa pengungsian. 5. Mengenali cara-cara penggaulangan tradisional dan langkah-langkah persiapannya, sambil menilai kelayakannya.

Program-program untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang bahaya banjir bisa mencakup :1. Penjelasan tentang fungsi-fungsi bantaran sungai dan jalur banjir, lokasinya serta pola-pola penampungan / penyerapan airnya. Identifikasi bahaya peringatan. 2. Mendorong perorangan untuk memperbaiki daya tahan bangunan dan harta mereka agar potensi kerusakan / kehancuran dapat ditekan dan mengembangkan rencana pengungsian perorangan. 3. Menggugah kesadaraan masyarakat tentang arti penting rencana – rencana dan latihan – latihan penanggulangan serta pengungsian bagi kepentingan mereka sendiri. 4. Mendorong tanggung jawab perorangan atas pencegahan dan penanggulangan banjir dalam kehidupan sehari – hari. 5. Misalnya praktik bertani harus memperhatikan dampak lingkungan jangan menggunduli hutan dan hulu sungai saluran air harus dipelihara dan sebagainya.

Rencana utama . Rencana utama adalah pedoman dasar yang menberi aparat setempat serta para pengembang dan pemilik lahan berbagi informasi pokok menyangkut jalur banjir dan apa yang harus dilakukan demi mencegah dan menanggulangi dampak bencana banjir. Selain pengaturan tata guna tanah, rencana utama ini harus mencakup pula program informasi masyarakat. Untuk mengembang-kannya diambil langkah –langkah sebagai berikut : 1. Peta akurat daerah itu dipelajari. 2. Dikembangkan daur air (hidrologi) bagi beberapa kekerapan banjir yang sudah pernah terjadi sepanjang 100 tahun terakhir. 3. Penetapan jalur banjir berdasarkan kekerapan yang pernah terjadi dan meneliti kondisi saluran air yang sudah ada. 4. Perkiraan kerugian akibat banjir dengan berbagai kekerapan dan mengembangkan catatan kekerapan banjir dan kerusakan yang ditimbulkan dengan basis tahunan. 5. Menelaah semua kemungkinan peminimalan dampak banjir, misalnya membangun bendungan. 6. Persiapan rancangan awal dan perkiraan biaya bagi alternatif – alternatif lain. 7. Menentukan kerusakan akibat banjir untuk tiap alternatif. 8. Melengkapi analisis kelayakan bagi tiap alternatif. 9. Meninjau kembali tiap alternatip dengan mempertimbangkan berbagai faktor, misalnya politik,peluang dan lingkungan hayati. 10. Memilih alternatif yang terbaik atau perpaduan beberapa alternatif yang bisa diterima dan dinilai layak oleh warga daerah itu. 11. Menerbitkan laporan perencanaan dengan dokumentasi proses di atas.

Kebutuhan – kebutuhan Pasca Banjir. Langkah – langkah awal yang harus diambil oleh pihak – pihak berwenang pada saat banjir surut adalah : 1. Pencarian dan penyelamatan korban. 2. Pemberian bantuan medis. 3. Penilaian situasi. 4. Penyediaan pangan dan air bersih sementara. 5. Penyulingan air. 6. Pemantauan endemi. 7. Penyediaan tempat tinggal / penampungan sementara bagi para korban

Langkah – langkah sekunder. 1. Perbaikan dan pembangunan kembali prasarana yang rusak atau hancur. 2. Memulihkan atau menciptakan lapangan pekerjaan. 3. Membantu pemulihan pertanian melalui penjaman usaha tadi, pembagian benih dan alat pertanian dan bibit ternak. 4. Membantu usaha kecil dan para nelayan.

(Materi ini merupakan bagian dari “Introduction of Hazard” yang diterbitkan oleh UNDP / UNDRO, Disaster Management Program 1992. Dialih bahasakan dan disunting untuk kebutuhan pelatihan manajemen bencana KAPPALA Indonesia dan OXFAM GB, serta perkuliahan Manajemen Bencana Geologi di Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta. Semoga bermanfaat)

Tidak ada komentar:

islam Pictures, Images and Photos

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran