Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Rabu, 29 Juli 2009

Mengatasi perut buncit

Perut buncit adalah suatu indikator kesehatan yang menurun. Kalangan medis bahkan menggunakan perut buncit sebagai pedoman meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit, seperti jantung koroner, diabetes, kolesterol LDL yang tinggi, dan stroke. Penyakit-penyakit ini tidak untuk dipandang sebelah mata karena bukan saja menggerogoti kualitas kehidupan para penderitanya, tetapi juga kematian yang bisa mengintai kapan saja, di mana saja.

Acuan #1:
Para pakar kesehatan dunia menetapkan bahwa pria dengan ukuran lingkar pinggang di atas 36 inci atau wanita dengan ukuran lingkar pinggang di atas 32 inci memiliki faktor risiko yang signifikan lebih tinggi mengidap penyakit-penyakit degeneratif tadi.

Acuan #2:
Para pakar yang sama juga menetapkan acuan bahwa pria atau wanita yang lingkar perut 90% atau lebih dari lingkar pinggul (waist-to-hip ratio), maka risiko penyakit juga bertambah secara signifikan. Misalnya apabila seseorang memiliki lingkar perut 80 cm tetapi memiliki lingkar pinggul 88 cm, maka waist-to-hip ratio-nya adalah 90,1% - yang berarti sudah memasuki zona risiko yang tinggi. Apalagi sampai lingkar perutnya di atas 100% (atau lebih besar) daripada lingkar pinggul.

Untuk mengatasinya:

* Untuk sementara, kurangi atau hentikan makanan atau minuman yang memiliki kandungan: minyak, gula pasir, santan, mentega, margarin, tepung-tepung, krim. Melibatkan makanan-makanan seperti: tempura, kue, roti, kripik, kerupuk, sirop, soft-drink, mie, bihun, kwetiauw, pempek, siomay, burger, french fries, dan lain-lain.
* Perbanyak makan sayuran-sayuran beraneka warna
* Konsumsikan 3-4 gelas teh hijau setiap hari
* Berolahraga ringan di pagi hari saat perut kosong selama 30 menit
* Lakukan push-up, sit-up, atau berbagai otot tubuh dengan dumbell setiap ada iklan di televisi


Semoga berhasil!

(Tulisan ini di sadur dr kutipan "Ade Rai")

Tidak ada komentar:

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran