Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Rabu, 29 Juli 2009

"Tips Untuk Tetap Semangat Bekerja dan Terhindar dari Stress di Kantor"


Pernahkah Anda tiba-tiba merasa enggan bangun pagi dan diserang rasa malas pergi ke kantor? Bahkan, rasanya Anda ingin mengundurkan diri saja dari pekerjaan sekarang juga. Jika Anda mengalaminya, jangan cepat-cepat mengambil keputusan yang akan Anda sesali nantinya. Anda hanya sedang mengalami stres dan rasa jenuh di tempat kerja.
Yang Anda butuhkan adalah penyegaran dan rileksasi. Berikut kiat-kiat yang bisa Anda ikuti:

1. Buatlah Manajemen Waktu Yang Baik
Kecerdasan mengatur waktu di kantor sesuai kebutuhan memang sangat diperlukan. Sebab hanya Anda yang tahu kapan waktu untuk bekerja keras dan kapan waktu beristirahat dengan santai. Saat bekerja, tentunya Anda harus berkonsentrasi penuh dengan pekerjaan. Dan saat bersantai, Anda pun harus benar-benar santai. Sehingga waktu Anda tidak habis tersita karena memikirkan pekerjaan.

2. Bantuan Rekan kerja
Mungkin Anda mengerjakan semua pekerjaan sendiri, tetapi mendelegasikan tugas pada akhirnya akan menghemat waktu Anda. Jangan merasa malu atau tidak enak hati untuk meminta bantuan rekan kerja Anda.

3. Bekerja Dengan “Cerdas” Bukan Dengan Keras
Rekan kerja Anda selalu bisa pulang tepat waktu? Bisa jadi Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Patuhilah jadwal yg sudah dibuat dan lakukanlah yg terbaik dengan waktu yang dimiliki.

4. Belajar Berkata “Tidak”
Apakah Anda merasa tugas yg dibebankan melebihi batas? Apakah tenggat tugas tidak realistis? Percayalah pada intuisi Anda, mungkin Anda memang layak mendapat waktu lebih longgar untuk menyelesaikan tugas.

5. Selesaikan Masalah Dengan Bos/Rekan Kerja
Jika Anda memiliki masalah dengan atasan atau dengan rekan sekerja, sebaiknya selesaikanlah segera. Siapa tahu, masalah itu yang selama ini menjadi pangkal penyebab stres Anda.
Cobalah mencari jalan keluar dengan cara berdiskusi mengenai kesalahpahaman yang seringkali terjadi sehingga lingkungan kerja pun terasa nyaman dan menyenangkan bagi Anda.

6. Buat Persiapan Pulang Kantor
Berhentilah bekerja 30 menit sebelum Anda pulang kantor. Gunakan waktu tersebut untuk merapikan meja atau membuat rencana kerja esok hari.

7. Manfaatkan Waktu Makan Siang Untuk “Penyegaran”
Hentikan semua pekerjaan saat jam makan siang tiba. Karena, waktu makan siang merupakan saat yang paling tepat bagi Anda yang telah setengah hari bekerja untuk mengisi perut sambil beristirahat sejenak. Perut kosong bisa membuat emosi menjadi kacau,akibatnya Anda gampang menjadi marah. Biasakan untuk sarapan dan jangan biarkan tumpukan pekerjaan mengganggu makan siang Anda.
Manfaatkan waktu makan siang untuk menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan atau sahabat di kantor. Bicarakan hal-hal ringan untuk mengembalikan kesegaran pikiran Anda. Sehingga saat kembali ke kantor, Anda sudah siap dengan energi dan semangat baru.

8. Menata Ulang Ruang Kerja
Anda juga bisa mencegah stres dengan mengatur kembali ruang kerja Anda. Jauhkan meja dari tumpukan kertas atau file. Simpan kertas-kertas Anda dalam map, kotak, atau laci. Jika memungkinkan, pindahkan letak meja Anda menghadap matahari agar Anda dapat bekerja dengan cahaya alami dari luar.
Ingatkan diri Anda bahwa Anda masih memiliki kehidupan lain di luar kantor. Memasang foto keluarga, postcard, atau foto liburan terakhir di meja. “Pekerjaan hanyalah satu bagian dari diri Anda, bukan segalanya”.

9. Sediakan Sedikit Waktu Untuk Rileks
Daripada memikirkan beban pekerjaan (tapi tidak ada solusinya), lebih baik gunakan waktu Anda yang sedikit itu untuk melakukan relaksasi. Ikuti saja caranya berikut ini: Lemaskan otot-otot tubuh dengan bertumpu pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung dan punggung bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Tiap otot ditegangkan selama 5-7 detik kemudian dikendorkan selama 12-15 detik. Ulangi cara ini hingga 5 kali berturut-turut. Metode relaksasi ini bisa membantu untuk meredakan stres yang Anda alami. Emosi dapat dengan mudah meninggi, jadi sisihkan waktu 1 atau 2 menit setiap hari untuk melemaskan syaraf. Atau bangkit dari kursi, berjalan berkeliling, menghirup udara segar atau ngobrol singkat dengan rekan kerja akan membuat perasaan lebih rileks sehingga produktivitas akan lebih meningkat.

10. Terapi Musik
Musik bisa membantu mengatasi kejenuhan dan stres. Pilihlah musik atau lagu kesukaan Anda. Kemudian dengarkan dan nikmati musik dalam keadaan rileks saat bekerja atau setelah pulang kantor untuk menghilangkan rasa penat. Putarlah musik selama 10-30 menit. Agar lebih rileks, pilih jenis musik yang tidak terlalu keras.

11. Berolahraga
Dengan berolahraga secara teratur (seminggu dua kali), Anda bisa melepaskan ketegangan yang kerapkali Anda alami di tempat kerja dan menggantinya dengan suasana rileks dan bugar pada tubuh.
Pilihlah satu jenis olahraga yang Anda gemari, Anda bisa melakukannya di saat hari libur atau sepulang dari kantor. Dijamin, setelah badan Anda segar, stress pun perlahan hilang.

12. Manjakan Diri Anda Sejenak
Setelah beban pekerjaan yang menyita waktu, tidak ada salahnya bila Anda memberi waktu untuk memanjakan diri sendiri. Misalnya dengan menikmati pijatan di salah satu SPA menggunakan minyak aromaterapi khusus penghilang stres. Bisa juga dikombinasikan dengan minyak esensial untuk memijat otot. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mengubah kamar mandi menjadi sarana relaksasi. Ini yang perlu Anda lakukan:
* Ciptakan suasana relaksasi dengan cahaya temaram atau lilin.
* Mandilah dengan air hangat.
* Pilih satu jenis minyak esensial lalu tambahkan beberapa tetes pada air mandi.
* Dengarkan musik lembut.

13. Pekerjaan Bukan Segalanya
“Jangan biarkan pekerjaan merusak hidup anda”, selalu agendakan satu atau dua kali pertemuan dalam seminggu untuk kegiatan sosial. Patuhi agenda tersebut seperti hal nya Anda melakukan projek lainnya.

14. Jangan Terlalu Perfeksionis
Jangan memaksakan diri menerima semua project dari atasan. Lebih baik menginvestasikan waktu dengan project yang memang masuk akal untuk dikerjakan.

15. Berpikir Positif
Belajarlah untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi dan menyikapi segala permasalahan. Misalnya ketika atasan marah pada Anda, bukan berarti dia sentimen atas hasil kerja Anda.
Cobalah berpikir bahwa si bos sedang memberi masukan yang berguna bagi perkembangan kinerja Anda di kemudian hari.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengawali kerja anda di minggu ini..
Diperbarui hari Minggu · Komentar ·

Tidak ada komentar:

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran