Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Minggu, 02 Agustus 2009

ANEKA MANFAAT WORTEL BAGI KESEHATAN


Umbi berwarna oranye yang kaya nutrisi ini sudah lama dianggap berkhasiat memperbaiki penglihatan. Wortel (Daucus carota L.) kaya akan kandungan beta karotein. Apabila zat tersebut berada di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang sangat penting untuk fungsi retina.

Pengobatan Mata
Seperti yang dialami Cherlyrn seorang karyawati di kantor arsitek di Phoenix Arizona Amerika, yang mengalami ketegangan pada kedua matanya dan tiba-tiba pandangannya buram. Ia sembuh kembali setelah dua bulan mengkonsumsi jus wortel beserta daunnya dengan perbandingan 3:1. Vitamin A hanya dapat memperbaiki penglihatan bila masalah penglihatan tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin A buka mengobati kebutaan mata.

Pelindung Kanker
Beta karoten selain diubah menjadi vitamin A, dapat juga sebagai pelindung terhadap kanker karena beta karoten tersebut mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menetralkan molekul radikal bebas yang tidak stabil, yang dihasilkan oleh radiasi matahari, asap rokok dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Molekul Radikal bebas akan merusak sel-sel tubuh sama, serupa dengan proses oksigenasi yang merubah mentega menjadi bau tengik atau kertas berubah warna menjadi kuning. Penelitian yang telah dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa pola makan yang menyertakan wortel walaupun dalam jumlah sedikit per hari dapat mengurangi penyakit kanker paru-paru hingga sekitar 50 persen.


Mengatasi Hiper-Kolesterol
Wortel dapat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Seperti penelitian Robertson di Universitas Florida dengan mengkonsumsi wortel segar atau mentah sebanyak 200 gram sehari selama tiga minggu dapat mengurangi kadar kolesterol darah sebesar 11 persen. Penurunan tersebut cukup bermakna karena "penurunan satu persen kolesterol sama artinya dengan pengurangan resiko penyakit jantung kira-kira dua persen". Oleh karena itulah dengan mengkonsumsi wortel selama 3 minggu dapat mengurangi resiko 22 persen penyakit jantung.


Turunkan Risiko Stroke
Penelitian di Universitas Harvard, AS yang dilakukan pada hampir 90 ribu perawat perempuan selama 8 tahun mengungkapkan, bahwa mengkonsumsi wortel paling sedikitnya lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sekitar 68 persen bila dibandingkan makan wortel satu kali sebulan. Hal tersebut dapat terjadi karena aktivitas antioksidannya. Beta karoten menghambat kolestrol agar tidak bersifat racun dan mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah.

Peningkatan Kesuburan Pasutri
Wortel dapat pula meningkatkan kesuburan bagi wanita dan juga meningkatkan kualitas sperma pria,. Disajikan dengan cara mengkombinasikan antara wortel, apel, dan tauge/kedelai. Satu buah apel, tiga ons wortel dan setengah kilogram taoge bisa untuk sekali minum suami-istri. Minuman sehat ini dibuat dengan cara taoge dijus lebih dahulu dengan menambahkan sedikit air setelah itu baru masukkan wortel beserta apel. Jus setelah halus disaring dan diminum setiap pagi dan sore.

Tidak ada komentar:

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran