Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Minggu, 02 Agustus 2009

Pengetahuan Umum

Cendrawasih Panji


Atau dalam nama ilmiahnya Pteridophora alberti adalah sejenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang sekitar 22cm, dari genus tunggal Pteridophora. Burung jantan dewasa mempunyai bulu berwarna hitam dan kuning tua, dikepalanya terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengilap, yang panjangnya mencapai 40cm dan dapat ditegakkan pada waktu memikat betina. Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung berwarna hitam. Iris mata berwarna coklat tua, kaki berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut. Burung betina berwarna abu-abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap. Betina berukuran lebih kecil dari burung jantan dan tanpa dihiasi mantel atau bulu kawat hiasan.

Daerah sebaran Cendrawasih Panji adalah di hutan pegunungan pulau Irian. Pakan burung Cendrawasih Panji terdiri dari buah-buahan, beri dan aneka serangga.

Seperti kebanyakan spesies burung lainnya di suku Paradisaeidae, Cendrawasih Panji adalah poligami spesies. Burung jantan memikat pasangan dengan menggunakan bulu mantel dan ke dua kawat di kepalanya pada ritual tarian. Setelah kopulasi, burung jantan meninggalkan betina dan mulai mencari pasangan yang lain. Burung betina menetaskan dan mengasuh anak burung sendiri.

Nama ilmiah burung Cendrawasih Panji memperingati seorang raja berkebangsaan Jerman, Albert I dari Sachsen.

Spesies ini mempunyai daerah sebaran yang luas dan masih sering ditemukan di habitatnya. Cendrawasih Panji dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List dan didaftarkan dalam CITES Appendix II.


Harimau Sumatra


Atau bahasa latinnya Panthera tigris sumatrae telah diambang kepunahan. Harimau dalam ekosistem adalah hewan yang berada dipuncak, apabila harimau punah keseimbangan ekosistem akan terganggu, dan akan berakibat fatal bagi manusia dan bagi alam semesta ini. Harimau sering kali jadi ajang perburuan bagi manusia-manusia yang hanya mengikuti kesenangan ataupun untuk diperdagangkan. Harimau Sumatera juga telah kehilangan habitat dan mangsa atau disebut juga Bovidae dan Cervidae, menyebabkan kepunahan.

Selain itu semua, hutan atau tempat tinggal harimau sudah menjadi lahan terbuka, semakin banyak hutan-hutan Indonesia dibabat habis, entah itu untuk membuka lahan atau kasus illegal logging. kemana coba hewan-hewan yang hidup di hutan akan tinggal, rumahnya saja sudah dirusak dan berganti fungsi menjadi lahan terbuka. Makin maraknya penebangan hutan juga mengakibatkan hewan-hewan di hutan punah, tidak punya tempat tinggal, dan keseimbangan alam menjadi terganggu.



Kura-kura berleher ular
Kura-kura rote (Chelodina mccordi) atau disebut juga kura-kura berleher ular dari Pulau Rote ini hanya bisa ditemukan di lahan basah. Setelah mempunyai nama spesies di tahun 1994, Kura-kura berleher ular dari pulau Rote ini banyak diminati oleh pasar internasional dari Eropa, Amerika, dan Asia Timur, yang menyebabkan populasinya berada di ambang kepunahan. Walaupun spesies Chelodina mccordi diberikan quota nasional untuk pemanenan dan ekspor ke luar negeri pada tahun 1997 dan 2001, ini pada kenyataannya tidak ada lisensi yang dikeluarkan untuk melakukan koleksi, kemudian juga tidak adanya izin pemindahan dari negeri tempat asal spesies ini berada yaitu Pulau Rote, Indonesia. Jadi selama ini spesies Chelodina mccordi diekspor ke luar negeri secara ilegal dari tahun 1994. Sejak saat itu kura-kura berleher ular diekspor besar-besaran ke luar negeri atas permintaan kolektor. Akhirnya pada tahun 2000, IUCN mengkategorikan spesies kura-kura berleher panjang dari pulau rote (Chelodina mccordi) ini ke dalam status kritis (Critically Endangered) dalam Red List, dan juga dimasukkan dalam daftar Appendix II CITES. Akan tetapi sampai sekarang penyelundupan dan perdagangan ilegal kura-kura berleher ular masih terus dilakukan oleh mafia-mafia satwa, kepunahan kura-kura berleher ular sudah diujung mata dan tinggal menunggu ium.waktu. Mari kita mulai dari sekarang cegah satwa punah, agar populasi kura-kura berleher panjang dapat dilestarikan sampai kapan pun dan tidak hanya menjadi fosil yang dapat dilihat di musium-musium.


SEJARAH WWW

Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN bukanlah suatu institusi Swiss, tetapi merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Web browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak di implementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.

Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia


IKAN MAMPU KONTROL PENYEBARAN MALARIA

Ada titik cerah dalam upaya India untuk bebas dari penyakit malaria. Tim peneliti dari Indian Council for Medical Research sukses membuktikan ikan Guppis mampu mengontrol perkembangan nyamuk penyebab malaria. Di Indonesia, ikan ini belakangan banyak diburu penggemar akuarium.

Mereka mempresentasikan hasil dari sejumlah pilot proyek yang dilakukan di beberapa daerah dalam Kongres Sains India di Chandigarh. Intinya, kemampuan ikan Guppis mengontrol malaria bisa memotong anggaran kesehatan India, baik untuk membeli obat-obatan malaria atau insektisida pembasmi nyamuk.

Teorinya sangat sederhana. Para relawan menyebarkan ikan yang gemar makan larva nyamuk itu di kolam, bak mandi, sungai, dan tempat-tempat yang diduga nyamuk akan bertelur di sana. Segera setelah telur menetas, maka ikan-ikan itu akan berpesta dengan larva muda nyamuk.

Dr. VP Sharma, mantan direktur Malaria Research Institute yang sekarang bergabung dengan Council for Medical Research menyatakan pilot proyek yang dilakukan di 4 wilayah di India semuanya sukses. “Angka penderita malaria menurun, karena populasi nyamuk Anopheles pun menurun tajam,” ujarnya. Menurut Sharma, tak harus ikan Guppis yang disebar, tapi bisa juga ikan jenis lain yang lahap memakan larva nyamuk.

Tahun ini, Bank Dunia memprogramkan akan menggunakan metode ini di 100 distrik di India. “Diharapkan dalam lima tahun ke depan dampak nyatanya akan kelihatan,” ujarnya.

Menurut Sharma, pemberantasan nyamuk dengan bahan kimia sudah tidak masanya lagi. Selain bersifat racun bagi manusia, kebanyakan nyamuk sekarang sudah resisten terhadap bahan kimia. Dengan meyebar ikan, dua manfaat diperoleh sekaligus, ikan mendapat makanan yang gurih, dan manusia tidak perlu keluar kocek lagi untuk membeli insektisida


Dandelion


Dandelion adalah sejenis bunga yang sering tumbuh sebagai tanaman liar. Bunganya kuning serta daunnya hijau dan agak bergerigi. Selain indah Dandelion ini mengandung potassium, kalsium, sodium, magnesium, dan silikon. Dandelion ini adalah merupakan obat kuat. Menguatkan gigi dan mencegah penyakit gusi. Di samping itu dandelion ini akan menguatkan kerangka manusia serta mencegah lunaknya tulang-tulang.

Asal Dandelion
Ini adalah jenis rumput yang tumbuh banyak di daerah utara dengan suhu sedang. Nama dandelion berarti gigi singa karena ujung-ujungnya tajam seperti gigi taring. Walaupun disebut rumput, akar dan ujungnya berguna untuk tujuan pengobatan. Akar dandelion mengandung banyak mineral berguna.
Akar dandelion mengandung cairan seperti susu yang pahit dan dianggap bisa meningkatkan energi tubuh. Selain itu juga mampu mendetoksifikasi tubuh dan memurnikan darah.

Kegunaan Dandelion Masa Lalu
Di India, akar dandelion digunakan sebagai pengobatan untuk masalah hati. Seorang yang mempunyai masalah seperti sirosis atau pengerasan hati bisa menggunakan akar dandelion ntuk membantu memacu aliran empedu dari hati sehingga membantu detoksifikasi tubuh. Akar dandelion juga membantu pencernaan dan merupakan tonik yang bagus untuk sistem endokrin. Sebagai tambahan, dandelion digunakan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat ditubuh. Kandungannya yang kaya akan zat besi mempunyai kemampuan mengatasi anemia. Cairan pada batang dan akarnya bisa digunakan juga sebagai penciut dan pengering kutil, kulit melepuh dan jerawat.

Bentuk Konsumsi Dandelion
Akar dandelion bisa ditemukan dalam bentuk akar yang sudah dikeringkan, dalam kapsul, dalam ekstrak cairan dan teh. Karena rasanya yang pahit, dandelion sering dikombinasikan dengan tanaman lain seperti licorice atau jahe untuk membuat teh yang rasanya mirip dengan root beer. Dosis umumnya dari akar dandelion adalah 2 sampai 8 gram tiga kali sehari untuk akar kering, 250 mg tiga atau empat kali per hari dalam bentuk kapsul.

Manfaat Dandelion Sekarang
Dandelion digunakan sebagai diuretik yang mempunyai kemampuan menarik air dan garam dari tubuh. Kandungannya yang besar akan potassium membuat dandelion mempunyai fungsi tersebut. Selain itu dandelion juga banyak digunakan untuk menetralkan asam di darah dan banyak digunakan sebagai laksatif (membantu buang air besar). Diuretik akan membuat seseorang bisa buang air kecil lebih sering karena air ditubuh yang biasa disimpan dibawah kulit mengalami pembuangan.

Efek Samping Dandelion
Dandelion pada umumnya aman digunakan, tetapi beberapa orang mempunyai reaksi alergi terhadap cairannya. Sebaiknya dandelion tidak digunakan bersamaan dengan obat diuretik lainnya atau obat yang mempunyai kemampuan diuretik lainnya. Orang yang sedang dalam pengobatan diabetes sebaiknya berhati-hati dalam penggunakan dandelion karena bisa membuat pengaruh obat diabetes semakin kuat.



Tidak ada komentar:

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran