Jadwal Sholat

Waktu Sholat untuk 6 Juta Kota Sedunia
Country:
Silahkan baca semoga ada manfaatnya, terima kasih. Semoga Bermanfaat

Minggu, 02 Agustus 2009

Kiat Hidup Penuh Berkah

Setiap manusia tentu mendambakan kehidupan penuh berkah. Karena itu tak heran, jika kita dapati banyak di antara manusia rela mengorbankan harta, tenaga, bahkan nyawa demi mendapatkan berkah. Dan mereka sangat berharap, jika kesempatan dan umurnya ditambah, merasa sangat gembira ketika rizqinya dilapangkan, memiliki keturunan banyak, dan hal-hal lain yang berupa kesenangan dan kenikmatan yang diinginkan oleh hati manusia. Menurut mereka hal-hal demikianlah yang akan mendatangkan kebahagiaan.

Sudah seyogyanya seorang muslim senantiasa berdo’a kepada Allah subhanahu wata'aala agar melimpahkan keberkahan kepadanya. Hal inilah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alahi wasallam; sebagai qudwah hasanah (suri tauladan) bagi kita. Beliau memohon keberkahan kepada Allah subhanahu wata`ala dalam segala urusan.

Berkah adalah menetapnya kebaikan (dari Allah subhanahu wata'aala, pent) di dalam sesuatu.

Sungguh apabila berkah terdapat pada sesuatu yang sedikit, niscaya ia akan berkembang menjadi banyak, sedangkan apabila berkah tersebut terdapat pada sesuatu yang banyak, maka niscaya ia akan semakin bermanfaat. Dan di antara buah yang paling agung dari berkah dalam beraneka ragam nikmat yang Allah subhanahu wata'aala karuniakan adalah dipergunakannya nikmat-nikmat tersebut untuk keta`atan kepada Allah subhanahu wata'aala.

Keberkahan Allah subhanahu wata'aala juga bisa berupa kendaraan yang kondisinya selalu prima, walaupun sudah tua umurnya, jarang rusak atau mogok; Merasakan ketenangan walaupun tidak mempunyai harta yang banyak; Memiliki seorang putri sematawayang yang senantiasa membantu dan mematuhi perintahnya; dikaruniai banyak cucu yang menjadi penyejuk mata baginya. Selain itu ada pula berupa waktu, sehingga ia dengan mudah memanfaatkan seluruh waktunya dalam rangka ibadah dan ta'at kepada Allah dan memberikan manfaat kepada orang lain, dan lain-lain.

Tentunya kita selalu berdo’a kepada Allah subhanahu wata'aala agar dijauhkan dari hidup yang tidak berkah. Karena banyak pula manusia yang hartanya milyaran rupiah/dolar, tetapi diperbudak oleh hartanya tersebut. Banting tulang bekerja dari pagi hingga larut malam, bahkan sampai tidak tidur malam, karena sibuk menghitung uang dan terus-menerus memikirkan bisnis yang lebih menguntungkan. Ada juga kita dapati seseorang memiliki anak banyak, tetapi semuanya menjadi musuh bagi dirinya, durhaka kepadanya, membuat malu dirinya karena ulah dan prilakunya yang sangat buruk. Ada pula yang tidak pernah puas dengan apa yang ia dapatkan, seolah-olah tujuan hidupnya hanya untuk mengumpulkan dunia. Na'udzu billahi min dzalik!

Lalu bagaimana berkah dalam hidup itu bisa kita capai? Kiat-kiat di bawah ini merupakan solusi dan jawaban dari pertanyaan tersebut, sebagai berikut:

Bertaqwa kepada Allah subhanahu wata'aala.
Taqwa merupakan kunci seluruh kebaikan. Allah subhanahu wata'aala berfirman:

"Dan sekiranya penduduk negri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS. Al-A`raf :96)

Allah subhanahu wata'aala juga berfirman:

"Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath-thalaq :2-3). Maksudnya dari sisi yang tidak pernah ia perkirakan.
Dan "Taqwa" menurut para ulama adalah ‘engkau melaksanakan ketaatan kepada Allah subhanahu wata'aala berdasarka ilmu dari Allah subhanahu wata'aala, semata-mata mengharap pahalaNya; dan engkau tidak bermaksiat kepadaNya karena engkau takut terhadap adzabNya.’

Maka jika engkau bertakwa berarti engkau telah mengumpulkan dua hal, yaitu perintah dan larangan. Engkau melaksanakan perintah berdasarkan ilmu dan meninggalkan maksiat berdasarkan ilmu,serta engkau betul-betul mengharapkan pahala Allah subhanahu wata'aala atas pelaksanaan perintah-perintahNya tersebut dan engkau sangat takut akan adzab Allah subhanahu wata'aala ;sehingga meningalkan larangan-larangan-Nya.

Membaca Al-Qur`an.
Sungguh Al-Qur`an merupakan kitab yang penuh berkah, obat dan penawar bagi seluruh penyakit hati dan jasad. Allah subhanahu wata'aala; berfirman:

"Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran". (QS. Shaad: 29).

Dan amal yang shalih merupakan sarana untuk meraih sebuah kebaikan dan berkah.

Berdo’a.
Nabi shallallahu 'alahi wasallam senantiasa memohon berkah kepada Allah subhanahu wata'aala dalam berbagai urusan.

Jujur dalam bermu’amalah.
Baik dalam jual beli, sewa-menyewa ataupun transaksi lainnya. Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam bersabda, "Penjual dan pembeli masih memiliki hak memilih selama keduanya belum berpisah (dari tempat transaksi). Jika keduanya jujur dan terbuka (menjelaskan jika ada cacat/kekurangan), maka keduanya diberkahi dalam jual beli mereka dan jika keduanya menutup-nutupi dan berdusta, maka lenyaplah berkah jual beli mereka." (HR. Al-Bukhari)


Menyelesaikan pekerjaan di waktu pagi.
Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam; bersabda, "Semoga Allah subhanahu wata'aala memberkahi ummatku pada waktu pagi mereka". (HR. Ahmad)

Mengikuti sunnah Rasul shallallahu 'alahi wasallam dalam setiap urusan.
Karena hal itu tidaklah mendatangkan sesuatu melainkan kebaikan. Dari Jabir bin Abdullah radhiallhu `anhu berkata, "Bahwa Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam memerintahkan agar menjilati jari-jemari dan piring, dan beliau berkata, "Sesungguhnya kalian tidak mengetahui di bagian mana terdapat berkah dari makanan kalian.” (HR. Muslim)

Kesungguhan dalam bertawakkal kepada Allah subhanahu wata'aala.
Allah subhanahu wata'aala; berfirman:

"Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (QS Ath-Thalaq: 3).

Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam juga bersabda, “Kalaulah kalian bertawakkal kepada Allah subhanahu wata'aala; dengan sebenar-benarnya tawakkal, niscaya Allah subhanahu wata'aala memberikan rizqi kepada kalian sebagaimana Allah subhanahu wata'aala memberikan rizqi kepada burung, keluar di pagi hari dalam keadaan lapar pulang dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad).

Melakukan shalat istikharah dalam setiap urusan.
Pasrah dan menerima apa yang telah Allah subhanahu wata'aala tentukan, karena hal tersebut pasti lebih baik untuk dirinya di dunia ataupun akhirat.

Tidak meminta-minta kepada orang lain.
Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam bersabda, "Siapa saja yang memiliki kebutuhan, lalu ia melimpahkan kebutuhannya tersebut kepada orang lain, maka yang lebih pantas adalah tidak dimudahkan kebutuhannya dan barangsiapa yang memasrahkan kebutuhannya kepada Allah subhanahu wata'aala; niscaya Dia akan mendatangkan kepadanya rizqi dengan segera atau menunda kematiannya." (HR. Ahmad)

Berinfaq dan bersedekah.
Karena keduanya merupakan sarana untuk memperoleh rizqi yang lebih baik yang merupakan karunia Allah subhanahu wata'aala kepadanya. Allah subhanahu wata'aala berfirman:

"Dan apa saja yang kamu infaqkan, niscaya Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang terbaik". (QS. Saba`: 39)

Di dalam hadits qudsi disebutkan, Allah subhanahu wata'aala berfirman, "Wahai anak Adam berinfaqlah, niscaya Aku akan menafkahimu". (HR. Muslim)


Menjauhkan diri dari harta yang haram
Karena harta haram dalam berbagai bentuk dan rupanya tidaklah membawa berkah sedikit pun dan tidak pula menjadikannya langgeng atau awet. Ayat yang menyatakan tentang hal ini sangatlah banyak, di antaranya firman Allah subhanahu wata'aala:


"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah". (QS. Al-Baqarah: 276),

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa maksud 'memusnahkan riba' adalah memusnahkan harta tersebut dari pemiliknya secara keseluruhan atau meniadakan berkah harta tersebut, tidak bermanfaat bahkan menjadikan pemiliknya diadzab, baik di dunia ataupun di akhirat. Sedangkan makna 'menyuburkan sedekah' adalah memperbanyak harta yang telah dikeluarkan sedekahnya atau melipatgandakan berkahnya.

Bersyukur dan memuji Allah subhanahu wata'aala atas segala pemberian dan nikmat-nikmatNya.

Allah subhanahu wata'aala berfirman, artinya, "Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu". (QS. Ibrahim: 7)


Menunaikan shalat fardhu,
Allah subhanahu wata'aala; berfirman:

"Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rizqi kepadamu. Kamilah yang memberi rezqi kepadamu dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertaqwa". (QS. Thaaha : 132)


Terus-menerus beristighfar (memohon ampun kepada Allah subhanahu wata'aala).

Allah subhanahu wata'aala; berfirman:

"Maka aku katakan kepada mereka, 'Beristighfarlah (mohonlah ampun) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun, niscaya Dia akan mengirimkam hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai". (QS. Nuh : 10-12)

Tidak ada komentar:

islam Pictures, Images and Photos

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita dan menunjuki jalan Kebenaran